Mutiara Tauhid Renungan #221
PERJUANGAN YANG SALAH ARAH

Mengapa amal soleh setiap orang walaupun sama-sama beragama Islam berbeda?

Nabi kita yang mulia memberikan petunjuk, “Di dalam diri manusia ada segumpal ‘daging.’ Bila ‘daging’ itu baik maka akan baik perilakunya. ‘Daging’ itu adalah kalbu”

Ternyata …, amal soleh hanyalah implementasi otomatis dari keyakinan yang terpateri di kalbu.
Ya begitulah, seperti apa amal solehnya seperti itulah isi kalbunya.

Saatnya menyadari …, keliru bila kita berjuang sekuat tenaga untuk mengimplementasikan ilmu jadi amal soleh. Perjuangan yang sesungguhnya adalah memasak ilmu yang sudah kita pindahkan dari buku ke otak agar berubah menjadi keyakinan yang tertancap di kalbu.



SEKENCANG APAPUN KITA BERLARI, BILA ARAHNYA KELIRU TAK PERNAH AKAN MENCAPAI TUJUAN





Gambar:www.pixabay.com

9 komentar:

  1. Iya Pak....sekencang apapun aku berlari, kl tujuan ku ga jelas, tetep aja ga sampe, yg ada malah bingung dan nyasar.

    Setelah ikut Tafakur di MT, Mata ku baru "melek" telinga baru "mendengar" dan Jiwa ku baru "sadar" . Hidup itu harus punya Tujuan, baru jelas arah langkah mau kemana. Baru Tau jalannya utk sampe ke tujuan .
    Luar biasa Tafakur...

    Sekarang aku sdh mantap dgn TUJUAN,
    Sekarang aku fokus, konsisten dan sungguh2 mengisi Kalbu ini dgn keyakinan-keyakinan ilahiyyah.. berupaya memasak ilmu supaya jadi keyakinan. Berproses mengolah rasa supaya punya kesadaran dan kemampuan, walaupun banyak hasutan tetep berupaya sllu kedalam diri...

    Dengan berproses membenamkan keyakinan-keyakinan ilahiyyah, ternyata jiwa ini lebih tenang, berasa banget kl ini adalah PengaturanNYA. Perilaku sekarang mengikuti apa yg telah diyakini oleh Jiwa. Berasa banget kl ketetapanNYA ga ada yg buruk, dan ketika Jiwa ini merasakan kebaikan, otomatis perilaku keluarnya sllu Baik. Semua terasa wajar... MasyaAllah...

    Jadi emang nyata bahwa ga perlu mengejar Amal Soleh... Karena dia keluar dgn sendirinya.
    MasyaAllah Dahsyat nya Tafakur...

    Salam DBAS
    Never Stop Tafakur

    BalasHapus
  2. Iya ya …, bila mau jadi ilmuwan harus berjuang memburu ilmu. Bila mau banyak amal solehnya harus berjuang memburu keyakinan

    BalasHapus
  3. Pantesan .. pantesan … sekarang aku gak bingung lagi, kenapa banyak banget orang yang ilmu agamanya tinggi tapi kelakuannya gak beda dengan orang awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, ilmu agama Islamnya luas tidak menentukan perilakunya juga bakalan Islami

      Hapus
  4. Bener pak, ustadz yg selalu bilang jaga hati tapi kelakuannya sendiri sebelas duabelas dg yg gak menjaga hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata2 yg ke luar dari bibir memang bukanlah jaminan perilakunya juga akan seperti itu, ngga aneh ah ...

      Hapus