Mutiara Tauhid Renungan #11
DIA INGIN SEKALI MANUSIA MASUK SURGA


Kenapa Allah mau mencampuri urusan manusia? Rasanya tak ada alasan lain selain karena DIA sangat ingin semua manusia masuk surga.

Andai saja seseorang mau memikirkan hal ini, maka ia takkan sampai hati untuk melakukan perbuatan-perbuatan dosa, begitu juga ia akan malu hati kalo tidak ikhlas menerima pengaturan-Nya yang terasa tak nyaman…





Gambar : www.unsplash.com


12 komentar:

  1. Assalamualaikum bapak.
    DIA menginginkan semua manusia masuk surga. Disadari atau tidak diri ini dlingkupi cintaNya, kasih sayangNya senantiasa. Allah sungguh mencintai hambaNya lewat ujian demi ujian di dunia agar sang diri mempunyai bekal ke surga. Yang saya rasakan, kecenderungan manusia seringkali air susu dibalas air tuba kepada Allah...cintaNya yang tak terbatas dibalas dengan tega-teganya melanggar perintahNya. CintaNya yang tak terbatas dibalas dengan memberontak tidak ikhlas atas segala pengaturanNya yang tidak nyaman. Malu diri ini padaNya. Padahal sesungguhnya DIA ingin menganugerahkan sang diri kebahagiaan di dunia di akhirat masuk surga saat tunduk patuh padaNya. Allah ingin menjadikan kita indah seperti kupu-kupu yang indah namun melewati metamorfosis menjadi ulat bulu, kepompong, baru menjadi kupu-kupu yang indah. Kita ingin dijadikan indah ibarat perhiasan emas untuk itu melewati proses dilebur, dibakar, ditokok, dipoles dibentuk hingga menjadi perhiasan emas indah berkilau, sakit memang namun indah pada waktunya. Baik menurutku belum tentu baik menurut Allah buruk menurutku belum tentu buruk menurut Allah (2:216). Baik versi Allah adalah yang menggiringku ke surga,inilah bukti tanda cintaNya. Semoga menjadi hamba Allah yang patuh dan ikhlas diatur olehNya. Tidak ada yang tidak bisa Allah lakukan kecuali DIA tidak pernah berhenti mencintai kita. Wallahualam. Haturnuhun bapak, mohon bimbingannya atas sinergi ini. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seandainya DIA tak royal dalam memberi hidayah, adakah yang akan masuk surga ...?

      Hapus
  2. Bila dirasa-rasa, sungguh bejuta-juta benar bahwa Allah sangat ingin manusia masuk surga. Bila Allah memberi kenyamanan dan untuk itu aku bersyukur (dibuktikan dengan taat pada aturan main-NYA), maka DIa beri aku kunci surga (pahala) dan DIA beri juga aku rasa bahagia di dunia.
    Bila Allah memberi aku ketidak nyamanan dan aku ikhlas dengan ketetapan-NYA (dibuktikan dengan tetap taat pada aturan main-NYA), maka diberikannya aku kunci surga (pahala) dan juga rasa bahagia di dunia. Bila ketidak nyamanan itu datang karna ulah manusia, aku juga mendapat transfer pahala. Betapa Maha Baiknya Allah. Semua kejadian yang aku alami semuanya menggiring aku untuk mendapat DBAS.
    Tetapi BODOHnya aku masih saja sering memilih untuk galau di dunia (rasa yang timbul akibat tidak taat pada aturan main-NYA) dan Allah 'terpaksa' memberi aku kunci neraka (dosa).
    Sungguh tempat aku kelak di akhirat, surga atau neraka, aku sendiri yang menentukannya. Allah hanya menaro kita ditempat pilihan kita BUKAN karena Allah punya hak prerogatif. Karna sesungguhnya Allah ingin semua manusia masuk surga.
    Satu-satunya cara agar aku bisa meraih DBAS hanyalah dengan tafakur yang khusuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren ....
      beginilah contohnya merasa-rasakan itu, alhamdulillah ....

      Hapus
  3. We can not deny it pak...Allah benar.2 ingin kita semua masuk surga. Bukti yg paling dahsyat adalah dengan diberikan Al Quran kepada manusia sebagai pedoman hidup. Apa jadinya hidup tanpa Al Quran. Sayang nya banyak orang yg masih belum memakai Al Quran sesuai fungsinya.....mohon koreksi bila keliru pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alqur'an memang buku pedoman hidup yang tercanggih, namun bila tidak dipergunakan sesuai dengan maksud Allah membuatnya maka buku inipun tak ubahnya dengan buku biasa pada umumnya
      salam

      Hapus
  4. Setuju pak..kalau mau "mikir" sedikit saja..
    Aku ini, apa upayaku untuk ke SurgaNya? Apa lebih besar daripada upaya Dia untuk aku supaya aku ke SurgaNya?
    Ternyata..
    Dia yg lebih ingin aku ke Surga..
    Dibuatnya ujian2 dengan berbagai kemasan, maksudnya hanya 1 sebenarnya supaya aku bisa menyelaraskan diri dengan kehendakNya..
    Tapi selama ini aku tidak bisa melihat itu upaya2 dari Dia, krn yg aku pakai kehendak diri ku.. bukan kehendakNya..
    Berjalan di atas ego ku, sama saja dengan sedang mengisi neraka ku sendiri..
    Terasa sekali.. kasih & sayangNya yg tidak berbatas.. untuk seluruh umat manusia...
    Dibuatnya kesulitan & kemudahan, sebenarnya untuk aku meraih, "isi"nya ..
    Tapi, slama ini yg kulihat kemasannya saja.. pantaslah diluar koridorNya..
    Semakin terasa.. kalau tidak olah rasa, manalah mungkin bisa melihat kasih & sayangNya Dia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar, sesuatu yang tidak nampak (hikmah) harus dilihat dengan yang tidak nampak pula (kalbu). Tapi bila kalbunya sudah kotor, mau tak mau untuk bisa melihat harus dibersihkan dulu. menjaga hati itu memang penting.

      Hapus
  5. Kenapa Allah mau mencampuri urusan manusia? Rasanya tak ada alasan lain selain karena DIA sangat ingin semua manusia masuk surga.
    Bapak.., saat saya me-rasa rasakan kebenaran ini..rasanya malu.., gak tau diri banget..aku ini..!! melihat betapa besar.. upaya2 Allah utk Sang Jiwa meraih Surga..

    Utk Sang Jiwa meraih Surga..dgn keterbatasan diri sbg mahlukNya..gak mungkin aku gak di bantu-Nya.., tetapi..apa yg kulakukan.. ?
    Disaat aku diberi-Nya ujian2..aku malah meronta tidak terima..
    Disaat aku diberi-Nya orang2 yg dzalim..aku malah marah,dendam shg tanpa disadari..tumbuh subur penyakit hati itu..
    Disaat aku diberi-Nya gelombang masalah..aku malah stress..
    Disaat aku diberi-Nya musibah..aku malah bersedih dan kecewa..

    Saat itu aku gak bisa merasakan..sbnrnya semua ketidaknyamanan2 itu adlh kenikmatan2 utk aku bisa meraih karunia2-Nya.. : Mengkilatnya kalbu.., kesabaran.., jiwa yg lapang.., ketabahan.., penghapuasan dosa..
    seharusnya aku bisa menghargai Action2 Allah..krn itulah Upaya Allah agar aku bisa meraih Surga..
    ah..ternyata aku belum menyadari..bhw DIA INGIN SEKALI MANUSIA MASUK SURGA..
    Seringnya diri ini mengecewakan-Nya.. ketika aku Tidak Menghargai Upaya Allah..
    Ternyata..Hati ini "buta"... jika aku baru bisa merasakan kenikmatan hanya di makanan dan minuman..
    Bersyukur menemukan kebenaran ini..utk semakin mampu merasakan..kenikmatan tidak hanya ada di makanan dan minuman.. , "kenikmatan" juga ada di ketidaknyamanan2..sbg upaya Allah agar Sang Jiwa meraih Surga..
    Dengan Rasa ini..ada celah lagi utk menjadi manusia yg Mampu Menghargai Upaya Allah..
    Terima kasih..Bapak..SA3 Tafakurannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita akan mampu menghargai upaya Allah bila telah menyadari kenikmatan itu bukan hanya sebatas pada makanan dan minuman doang ..
      salam

      Hapus
  6. Terima kasih banyak SA3 Ajaran2 islam yg selama ini Bapak sampaikan melalui metoda Tafakuran ini, terasa sekali Pak..interaksi ky2 illahiyah utk masuk di klalbu..dan kebersihan hati itu..tidak bisa muncul tiba2 tanpa ikhtiar sungguh2nya diri bertafakur.. , fokus dan kosisten di jenjang kurikulumnya dan ikhtiar mentafakuri mendalam dirasa-rasakan kembali..( tafakur yg efektif ) sedikit demi sedikit terasa memberikan perubahan2 dalam menyikapi upaya2 Allah utk aku meraih Surga..
    Terima kasih Bapak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah, batu cadas yang keras itu pun berlubang karena tetesan air yang terus menerus di tempat yang sama

      Hapus