Mutiara Tauhid Renungan #185
MABUK DUNIA


“Mabuk dunia” adalah penyakit serius.
Penyakit yang satu ini dapat dikenali dari gejalanya, yaitu :

syahadat hanya sebatas ucapan,
zakat hanya sebatas keharusan,
puasa hanya sebatas menggugurkan kewajiban,
haji hanya sebatas kebanggaan,
shalat hanya sebatas gerakan.

Mabuk dunia bukanlah berarti segalanya uang dan uang, tetapi segala yang dilakukan tidak ada nuansa ilahiyyahnya sama sekali.

KETIKA DUNIAWI SEDANG NOMOR WAHID, PELAKSANAAN IBADAH CENDERUNG HANYA SEBATAS MENGGUGURKAN KEWAJIBAN SAJA





Gambar:www.pixabay.com



10 komentar:

  1. Iya ya …, penyakit ini bahaya banget bagi orang yang kepingin masuk surga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya bagi yg ingin masuk surga aja, yg ingin di dunia bahagia juga jadi susah

      Hapus
  2. Aku pikir-pikir, kayaknya bangsa kita sedang terjangkit mabuk dunia deh … gimana dong ngobatinnya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Never stop tafakur!
      belum yakin nih ...

      Hapus
  3. Bener pak, ketika hatiku sibuk dg dunia shalat terasanya beraaat banget …

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh dirasa-rasa, bener ngga kalo lagi didominasi oleh dunia shalat terasa hanya sekedar menggugurkan kewajiban doang

      Hapus
  4. mabuk dunia kok gbrnya orang lagi teler sih pak ..., kagak nyambung!

    BalasHapus
    Balasan
    1. he ..he..he.. emang bener gambarnya ngga nyambung krn mabuk dunia itu bukan teler krn kebanyakan minum, lihat aja gejalanya :
      syahadat hanya sebatas ucapan,
      zakat hanya sebatas keharusan,
      puasa hanya sebatas menggugurkan kewajiban,
      haji hanya sebatas kebanggaan,
      shalat hanya sebatas gerakan.
      Bantuin dong mas nyari ilustrasi yg pas ...

      Hapus
  5. Kalo bkn nuansa illahiyah.. pasti semua yg dikejar adalah kesenangaaan.. kesenangan gk pasti..laluuu yg dikejar adalah seduatu yg gk pasti.. yaaaa akibatnya bisa dibayangkaaann.. lebih banyak muarrah dan kecewanya drpd senangnyaaa...lalu mau bahagiaaaa... aahh pernah merasakan juga enggaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa nuansa ilahiyyah, kalaupun bahagia itu cuma kebetulan. Kalau kebetulan pasti jarang2 terjadinya

      Hapus