MutiaraTauhid Renungan #196
ORANG ARIF

Bila ibadah masih dirasakan sebagai kewajiban, mungkinkah kita bisa menjadi orang arif?
Ah, rasanya tak mungkin.
Koq..?

DARI KEWAJIBAN CENDERUNG AKAN MUNCUL PAMRIH,
SEDANGKAN DARI KEBUTUHAN AKAN MUNCUL KECINTAAN


KETIKA ORANG SUDAH MENYADARI APA YANG PALING BERHARGA BAGI DIRINYA, BARULAH IA AKAN DAPAT MERASAKAN BUTUHNYA SYAHADAT, ZAKAT, PUASA, HAJI, SHALAT, …







Gambar:www.pixabay.com

10 komentar:

  1. Terasa sekali yah jika ibadah masih dirasa kewajiban itulah mabuk dunia yg sebenarnya..Krn tak akan pernah bisa merasakan pengabdian ketika belum merasakan butuh.Sementara disebut orang arif adalah ketika seseorang sudah benar2 merasakan begitu cintanya dia dgn Sang Penciptanya, begitu rela nya dia melakukan apapun tanpa mengharap surga sekalipun (pamrih)..
    Saatnya bercermin diri..
    ((Masih jauh yaa ternyata aku dari tipe orang arif ini..))
    #selfreminder
    #perubahanituaku
    #taatsegalanya

    Salam DBAS💞

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, orang arif adalah manusia sejati yg sudah tak peduli lagi dg surga, baginya bersyukur pada Ilahi itulah nomor satu

      Hapus
  2. Assalamualaikum Pak Permadi, selamat Hari Raya Idul Fitri pak , mohon maaf lahir batin...
    Pak saya ko susah banget menemukan apa yg harus saya ambil dari renungan ini, bisa bantu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ya ...
      Selama ibadah tak dirasakan sbg kebutuhan, tak akan muncul kecintaan pada Allah SWT.
      Bila kita tidak ingin mencintai-Nya, lewatkan aja renungan yg ini

      Hapus
  3. Orang arif itu apa sama dengan orang bijak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konteksnya beda.
      Dlm beribadah ada 3 tipe manusia.
      Tipe budak, yaitu kelompok orang yg mau beribadah semata2 krn takut diceburin ke neraka
      Tipe pedagang, yaitu kelompok orang yg mau beribadah krn adanya surga.
      Tpe orang arif, yaitu kelompok orang yg ngga peduli sama surga atau neraka. Mereka beribadah krn cinta pada Tuhan, krn bersyukur, mereka malu Tuhan udah begitu banyak memberinya karunia …

      Hapus
  4. Iya ya …, rasa butuh akan muncul bila ada rasa cinta
    Kalo yang ada cuman rasa wajib, pastilah dikarenakan belum tumbuh rasa cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. cinta memang tak mengenal "kewajiban" yg ada hanyalah bersyukur dan pengorbanan

      Hapus
  5. Apa hubungannya ibadah dengan orang arif? Emangnya utk jadi orang arif harus jadi ahli ibadah dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dimaksud dg orang arif dlm renungan ini spt yg dimaksud dalam jawaban2 saya di atas

      Hapus