Mutiara Tauhid Renungan #109
RODA KEHIDUPAN


Roda kehidupan tidaklah selalu berputar sesuai dengan keinginan
Rela diatur oleh-Nya akan membuat hidup selalu indah

“Mengucapkan syahadat namun tak rela diatur-Nya adalah salah satu bentuk kemunafikan,” begitu kata seorang ahli hikmah.

“SIAPA SAJA YANG TIDAK RELA TERHADAP KETETAPAN~KU DAN TIDAK BERLAKU SABAR TERHADAP COBAAN~KU, DAN TIDAK BERSYUKUR TERHADAP NIKMAT-NIKMAT~KU MAKA CARILAH OLEHMU TUHAN SELAIN AKU!”   Hadits Qudsi






Gambar:www.pixabay.com



15 komentar:

  1. Assalamualaikum bapak, Hidup yg selalu indah..setuju banget pak dengan judul itu. memotivasi aku kpd kesadaran2... bila aku ingin mencapai kpd Tujuanku DBAS, maka aku harus rela diaturNya. Kehidupan yg sementara dan menipu ini tidak pantas diisi dengan rasa khawatir, marah, putus asa, galau ,sedih yg berlebihan,, krn dengan rela diaturNya otomatis akan timbul rasa syukur dlm kondisi apapun... seperti putaran roda yg kadang berada diatas atau kadang dibawah adalah sama saja..karena itulah yg mesti aku lewati. Aku yakin , Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya. jadi buat apa aku khawatir..krn putaran roda suatu saat akan terhenti , maka roda kehidupanku hrs aku isi dengan banyak berkarya utk yg akan abadi, berkarya hanya utk Allah. Selama aku berpegang pd janji2 Allah melalui AQ dan sunah Rasulnya..pasti perjalan hidupku akan mudah aku lalui. Sehingga hidup akan selalu indah ketika aku tunduk dan patuh pada ajaran2 Nya dan petunjuk2 Nya... Maka nikmat Tuhan manakah yg kamu dustakan ?? salam DBAS ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. ... Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya ...
      --> izinkan saya koreksi ya ... yg benar adalah : Allah tidak membebani manusia melainkan sesuai dgn kesanggupannya.

      Hapus
    2. Assalamualaikum Bapak...
      Pak apa bedanya : Allah tidak membebani SESEORANG melainkan sesuai dengan kesanggupannya, dengan penjelasan bapak Allah tidak membebani MANUSIA melainkan sesuai dengan kesanggupannya ?
      Bukannya itu sama aja ?

      Hapus
    3. Kesanggupan seseorang dg kesanggupan manusia itu berbeda makna.
      Dikatakan berada di luar kemampuan manusia, bila belajar sekeras apa pun tak mungkin bisa, misalnya saja masuk ke dalam lobang jarum.
      Sedangkan sabar, pasrah, ikhlas semua orang bisa melakukannya asalkan dia mau belajar. Kalo dia ngga belajar tentu saja dia ngga bisa, tetapi bukan berarti di luar kemampuan dia (salah sendiri kenapa ngga mau belajar)

      Hapus
  2. Sblum Tafakur, ktika aku diuji dgn anak, aku pasti meronta, merasa diri paling benar, merasa tlh menjadi org yg membesarkan, menginginkan pamrih.
    Sblum bertafakur, ktika diuji dgn masalah keluarga , rasanya aku benci dgn kondisi ini, kenapa harus selalu aku yg terbebani. Lagi2 aku merasa Allah tidak Adil dgn hidupku. Dan masih banyak lagi.. Kl ingat semua itu apa artinya syahadatku.. astaghfirullahal'adzim...
    Skarang stlh tafakur dan brproses aku merasakan perubahan besar dlm diri dan jiwa ini. Mohon ampun atas dosa Masa lalu.. Jiwa ini sdh lebih tenang, jiwa ini sdh sadar dan lebih terang. Jiwa ini sdh mulai bisa menerima semua ketetapan NYA.
    Skarang buat aku, Berserah Diri adalah kunci terbaik dalam menjalani hidup yg cuma sebentar ini. Menghanyutkan diri dlm ketetapanNYA adalah pilihan tepat buat aku. Aku dah ga mau meronta, aku takut, aku malu, aku tersiksa kalau aku mengabaikan janji-janjiNYA.
    Skarang aku sadar banget, bahwa memang benar utk menjadi Indah manusia membutuhkan pemutus kenyamanan. Ditenggelamkannya aku dlm ujian-ujianNYA dan itu adalah tanda Cinta NYA.
    Pegang TUJUAN, sllu kedalam diri, mengisi qolbu ini dgn keyakinan-keyakinan ilahiyyah dan berproses terus. Dan ketika Roda kehidupan berputar tidak sesuai dgn keinginan ku, aku bisa menghanyutkan diri dlm ketetapanNYA... Karena Allah tidak akan menganiaya hambaNYA. Itu Janji Allah...

    Siapa yg berani kalau DIA sdh berucap :
    SIAPA SAJA YANG TIDAK RELA TERHADAP KETETAPAN~KU DAN TIDAK BERLAKU SABAR TERHADAP COBAAN~KU, DAN TIDAK BERSYUKUR TERHADAP NIKMAT-NIKMAT~KU MAKA CARILAH OLEHMU TUHAN SELAIN AKU!”

    Salam DBAS Sahabat Jiwa
    Never Stop Tafakur

    BalasHapus
    Balasan
    1. "SIAPA SAJA YANG TIDAK RELA TERHADAP KETETAPAN~KU DAN TIDAK BERLAKU SABAR TERHADAP COBAAN~KU, DAN TIDAK BERSYUKUR TERHADAP NIKMAT-NIKMAT~KU MAKA CARILAH OLEHMU TUHAN SELAIN AKU!”
      --> ini adalah signal bhw DIA senantiasa memberikan yg terbaik bagi manusia

      Hapus
  3. EVERYTHING COME BACKS TO U

    ” Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah ” selalu aku ucapkan di dalam sholatku . Orang bijak mengatakan ,sholat yang berhasil akan tercermin kepada prilaku orang tersebut.

    Syahadatku ........harusnya sebuah pernyataan kepercayaan dalam keesaan Allah dan Nabi Muhammad. Lalu kenapa aku masih masygul ketika mengalami kegagalan , tidak ridho ketika mengalami kerugian . Tidak rela terhadap ketetapan-ketetapan Mu yang bertolak belakang dengan harapanku

    Ya Allah ampunillah aku karena membalas syahadatku dengan prasangka buruk kepada-Mu. Bantulah aku membuka mata ini agar aku dapat melihat betapa Engkau berusaha keras menyelamatkanku , hindarkanlah aku masuk kedalam golongan orang-orang yang munafik . ALLAH MAHA SUCI ,DIA SELALU BAIK FOREVER!! hidup DBAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALLAH MAHA SUCI ...
      DIA tak mampu berbuat sewenang-wenang!

      Hapus
  4. Iya ya....,ngapain lagi kita repot-repot meronta segala..... bukankah DIA gak bisa menganiaya manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. disamping DIA ngga bisa menganiaya manusia, DIA juga ngga mampu berbuat kesalahan dalam menetapkan suatu keputusan yg terbaik bagi manusia

      Hapus
  5. Sangat setuju sekali pak, kita"nrimo"aja deh ...gak usah repot-repot ikhtiar , kan kehidupan itu bagaikan roda pedati, tanpa melakukan apapun kadang kita berada di atas kadang kita berada di bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ... kehidupan itu bagaikan roda pedati, tanpa melakukan apapun kadang kita berada di atas kadang kita berada di bawah ...
      --> hati2 dg signal yg diberikan oleh "roda pedati" ini
      seolah2 tanpa ngapa-ngapain kita akan otomatis berada di atas dan di bawah
      padahal roda pedati tidak bisa berputar dg sendirinya, harus ada ikhtiar yg kita lakukan

      Hapus
  6. Assalamualaikum Bapak..penting bangeet ya kenal SIAPA AKU krn klu tdk kenal diri tdk akan pernah kenal SIAPA TUHAN AKU...klu aku sdh menggenal siapa Tuhanku dan cara kerja Tuhanku...pasti aku akan RELA utk diaturkan-NYA..dan tdk akan pernah meronta ktk ditetapkan ktdnyamanan....Alhamdulillah...terima kasih Bapak...never stop tafakur.salam DBAS.

    BalasHapus
  7. ya, dari kenal SIAPA AKU, maka terkuaklah banyak kebenaran ..

    BalasHapus
  8. Walaaahh ini segala macam teori nasehat dll....kalau sedeng dapet musibah apalagi beruntun siapapun itu akan downhearted...tp kalau dapat kesenangan sennneeeng buanget. Pdhal musibah or kesenangan adalah cobaan..ini kudu dirasakannya sama. Naaahh untuk dapat rasa yg luar buasa ini hanya dengan tafakur ga ada cara lain....dengan tafakur timbul keyakinan.2 yg terus terjaga sehingga yg ada hanya rasa bahagia walau apapun bentuk ujiannya.Naahhh ini depend on ourself mau kemana jiwa ini dibawa.

    BalasHapus