Mutiara Tauhid Renungan #111
KURANG TEBALKAH ?



Mengapa akhlak mulia begitu sulitnya terbentuk, apakah karena Alqur’an kurang tebal?

Sadari …, akhlak mulia itu muncul dikarenakan meyakini janji-janji Tuhan.

Setebal apapun janji yang Allah berikan, tak akan mendatangkan manfaat bila tak diyakini.

AKHLAK MULIA TAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN GEN, TAPI TERGANTUNG SEBERAPA BANYAK JANJI TUHAN YANG TERTANAM DI KALBU






Gambar: tribunnews..com

20 komentar:

  1. Salam Bapak...
    Alhamdulillah...
    semakin jelas aku adalah Jiwa
    Aku bukanlah batu yg tergantung pada pemahatnya...
    Keindahan atau keburukan diriku di tentukan oleh diriku sendiri...

    Seberapa yakin aku pada janji janji Allah..?

    Terlihat jelas pada perilaku hidupku...

    Dengan tafakur, terus bercermin diri...
    Seberapa banyak dan kualitas keyakinan keyakinan akan janji janjiNya tertanam dalam jiwa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. janji-Nya membuat badai yg ganas pun tunduk!

      Hapus
  2. Assalamualaikum bapak, sudah puluhan tahun aku belajar mengaji, sudah puluhan tahun aku membaca AQ namun ahlakku tetap saja tidak sesuai dgn ajaran2 islam yg aku dapat pd saat mengaji..karena selama aku mengaji hanya ilmu yg masuk kedalam akal saja..tidak sampai dimasak kdlm kalbu sehingga menjadi suatu keyakinan yg menancap didlm kalbu. padhal utk dapat menurunkan kemampuan akal menjadi suatu keyakinan ilahiyah kdlm kalbu satu2 nya hanya dengan bertafakur. Alhamdulillah..setelah aku bertafakur ilmu Agama yg aku dapat melalui akalku dapat kubenamkan kdlm kalbuku menjadi suatu keyakinan akan janji2 Allah . setelah aku tafakur / mikir, aku sadar..bhw yg bisa menolong diriku hanyalah aku sendiri..dan yg bisa memperbaiki akhlakku , jg aku sendiri. semua tergantung dari aku..mau menghampiri hidayah Allah dengan memperbanyak keyakinan2 atau diam tanpa ikhtiar..hny aku sendiri jg bisa melakukannya. Setelah aku bertemu dgn MT aku bersyukur..AQ yg segitu tebalnya dan berisi 6236 ayat, baru sedikiiiiiiittt ... yg aku fahami utk menuntun aku kpd akhlak yg mulia..bagaimana kalau lebih tebal lagi?? dengan berproses terus mengentalkan keyakinan2.. Insha Allah akhlakku bertambah baik dan mampu menghindari dari sifat buruk. Tafakuran di MT mengantarkan aku kepada Tujuan ku DBAS, melalui pedoman AQ dan sunnah rasul. sehingga mampu memiliki akhlak yg diteladani Rasulullah..dlm bertingkah laku agar tidak salah mengambil langkah yg akan merugikan diriku sendiri,maupun yg diluar. Ya Allah bantulah aku utk selalu memperbaiki Ahlakku. Aamiin Yra. salam DBAS ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. bgmn kalo doanya begini : "Ya Allah bantulah aku utk meyakini jani2Mu ..."

      Hapus
  3. Haaa. Al-qur'an kurang tebal ???... 6236 ayat janji, perintah, larangan dll. semua Allah ciptakan lengkap. Allah menciptakan sesuatu selalu seimbang, begitu juga Al-Qur'an...
    Aku nya aja yg ga tau diri, udah dikasih tuntunan tpi diabaikan...
    Sebelum Tafakur, Al-Qur'an hanya aku baca doang, entah sdh berapa kali khatam... Tapi ya itu dibaca aja, ga ngerti artinya, ga tau maknanya, dan ga semua diamalkan dlm kehidupan sehari-hari, gimana akhlak Mulia bisa terbentuk... jujur.
    Sekarang setelah tafakur aku baru sadar, kl Al-Qur'an itu peruntukannya sebagai Pedoman hidup. Betapa Maha baiknya Allah kpd hambaNYA.. Dia berikan aku tuntunan supaya aku Selamat.
    Setelah Tafakur aku baru bisa merasakan makna dari Al-Qur'an yg sebenar-benarnya.
    Alhamdulillah stlah Tafakur semua jadi terang, dengan berproses, isi dan makna Al-Qur'an sekarang bisa menggetarkan jiwa. Aku bisa mengenal diriku, bisa mengenal Allah ku. Sedikit-sedikit aku mulai bisa mengamalkannya dlm kehidupan. Jujur nangis aku...
    Sekarang aku sdh punya TUJUAN, dan aku mantap dgn TUJUAN aku. Aku ingin Taat.. aku ingin mencapai Dunia Bahagia Akhirat Surga.
    Aku Fokus dan konsisten utk mencapai tujuan aku, berproses terus dgn penuh kesadaran mengisi qolbu ini dgn keyakinan-keyakinan ilahiyyah dan itu semua ada dlm Al-Qur'an.

    Bukan Riya', Tafakur sdh Jadi kebutuhan aku sekarang Pegang TUJUAN, sllu kdlm diri, fokus dan konsisten.
    Tidak ada kata terlambat utk memperbaiki ahlak.. walaupun masih banyak hasutan, dgn bertafakur aku berproses terus mengisi qolbu ini utk meyakini janji-janjiNYA.

    Dan Mutiara Tauhid tlh membimbing aku utk menjdi hamba Allah yg lbh baik, yg bisa membawa aku mencapai TUJUAN. Dgn bertafakur terasa banget perubahan dlm diri, terasa banget kl Taat skrang Jadi kebutuhan.

    Terima kasih Pak Permadi, metode Tafakur yg Bpk create luar biasa dan dahsyat, membuat qolbu ini dari gelap jadi terang ... Semoga Allah sllu memberikan Berkah Dan ridhoNYA utk Bpk dan keluarga. Aamiin Allahuma aamiin.

    Salam DBAS Sahabat Jiwa
    Never Stop Tafakur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alqur'an memang luar biasa!
      Hanya saja kedahsyatannya hanya bisa terlihat oleh mata hati,
      sedangkan mata hati bisa melek kalo ada keyakinan ilahiyyahnya.
      Dengan selalu memegang TUJUAN, sulit untuk kesasar

      Hapus
  4. ARE U WITH ME

    Mari kita rasakan : ” Jika sukses duniawi masih menjadi ukuran kehebatan dan kesenangan adalah tujuan hidupku maka BERPEDOMAN AQ pasti hanya lips servis belaka!”” SETUJU ? hidup DBAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu Pak Desmi... I'm with you
      Keyakinan menentukan sikap..

      Hapus
    2. akhlak mulia itu muncul dikarenakan meyakini janji-janji Tuhan,
      begitu juga mau berpedoman dg Alquran secara benar karena meyakini salah satu janji Tuhan

      Hapus
  5. Iya ya..., seberapa banyak aku meyakini janji-janji Tuhan, sebegitulah kualitas akhlakku

    BalasHapus
  6. Sekarang aku jadi paham nih mengapa ada orang yang banyak hafal AQ tapi akhlaknya gak jauh beda sama yang gak baca AQ, rupanya orang itu cuman hapal doang....
    Gimana dong pak caranya spy aku meyakini janji-janji Tuhan dalam AQ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya ...
      meyakini janji2 Tuhan akan lebih mudah bila disertai proses tafakur, tapi harus kontinu jangan sekali-kali aja

      Hapus
  7. AL QUR'AN itu udah tebel buangeeeeeet, kan ada 6666 ayat.
    Mungkin ga sih, penyebab sulit diyakini karena ajarannya ga logis
    Maaf ya pak bukan saya menghina Alqur'an...sorry jg sm teman-teman jangan dilaporin sbg "penoda agama" yaaaaa....saya emang lagi butuh penjelasan tentan hal ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dg seorang cendekiawan Muslim Indonesia yg mengatakan Alqur’an itu lebih logis dari matematika

      Hapus
    2. Mas Nana , jumlah ayat Alquran itu 6236 bukannya 6666

      Hapus
    3. thk koreksinya Mbak Miranti.....mau tanya lagi sama Pak Permadi, mengapa bapak begitu yakinnya kalo Alquran itu logis banget?

      Hapus
    4. Ah, mudah aja.
      Alqur’an itu kan buatan Tuhan. Masa sih Tuhan memberikan pedoman pada makhluk yg berakal tapi pedoman itu tak bisa diterima oleh akalnya? Kalo ngga bisa diterima oleh akal alias ngga logis, gimana bisa yakin?

      Hapus
  8. Mohon petunjuk pak...
    Sebelum kita melakukan suatu kegiatan apapun juga itu, si jiwa sebenernya dari awal sudah kasih warning... eehh ini jangan eehh ini boleh...tapi karena si ego yg lebih dominan jadilah si jiwa dicuekin....padahal Allah swt memberikan jiwa itu sebagai filter untuk kita menentukan langkah dan sikap. Apalagi tuh jiwa kalau sudah penuh dengan keyakinan....maka filternya makin berfungsi....dan hasilnya pasti dahsyat....dbas

    BalasHapus