Mutiara Tauhid Renungan #113
KAGAK BECUS

“Semua ajaran Islam gua udah paham!” begitu sentak seorang yang sedang tertimpa musibah ketika temannya mengingatkannya untuk bersabar. 
Ops, nanti dulu…!
Islam mengajarkan bahwa ajaran itu bukan untuk dipahami tapi untuk dilaksanakan sebagai “way of life”. Jadi bila perilaku masih belum sesuai dengan ajaran Islam, sorry to say, belum paham ajaran Islam!

Ada seorang syekh yang berkata pada para murid-muridnya, “Tujuan saya mengajarkan kalian ajaran Islam bukan untuk dipahami, tapi untuk dilaksanakan. Jadi bila kalian belum bisa bersabar ketika ditimpa musibah, kemungkinannya saya sebagai guru yang tidak becus ngajar kalian atau kalian yang tidak becus belajarnya!”

AHLI MATEMATIKA YAITU MEREKA YANG MENGUASAI ILMU MATEMATIKA, SEDANGKAN AHLI AGAMA BUKANLAH MEREKA YANG MENGUASAI ILMU AGAMA






Gambar:www.pixabay.com

16 komentar:

  1. Bener ya Pak..., ngaku Islam tpi kl ajaran Islam ga dilaksanakan... Gimana mau becus...
    Hari ini sempat godeg, denger cerita Anak yg baru pertama kali mulai kerja dan dpt kerjaan di Aceh ujung... Ga ada signal, lampu mati melulu, susah cari makanan kl malem ga ada warung yg buka, ga ada penginapan, tidur ditiker dirumah penduduk, kl mau telpon hrs pergi kesatu tempat yg bisa dpt signal, jaraknya kira2 10 km... dll, temen nya yg di Medan ujung dpt musibah di todong dan ditusuk. Aku godeg Pak.. langsung panjang angan2, langsung ngilu ini Hati... Takut ...
    Bbrp saat sempat was-was.. aku Berproses, pelan2 aku balik lagi ke TUJUAN. kembali kedalam diri, "mikir" tenangin jiwa, pake Rumus2 kehidupan, pake kesadaran.. lemot banget karena terhasut ketakutan2..
    Allah Maha Pelindung, aku berpegang pd buhul tali yg kokoh... Ini ujian nieh... Anak adalah titipan, sejatinya Anak ku adalah milikNYA , DIA pasti lbh sayang, DIA pasti kasi yg terbaik utk Anak ku. DIA tdk pernah bisa menganiaya hambaNYA. Bener2 dirasa-rasa, bener2 hrs pake kesadaran, bener2 qolbu ini harus punya kemampuan, harus banyak diisi dgn keyakinan-keyakinan ilahiyyah dan yg penting ya itu harus dilaksanakan. Aku berserah diri.. ikhtiar aku disini hanya bisa mendoakan dan mengingat kan Anak ku utk sllu sertakan Allah disetiap langkah nya Ketetapan Allah pasti baik.
    Alhamdulillah aku tenang, jiwa ini bener2 Berserah diri pada ketetapanNYA.
    Ga kebayang kl aku belum Tafakur, gimana jadinya aku, ketika menerima ketetapanNYA yg sprt ini. Karena keluarga aku yg denger sprt ini, sdh suruh anak ku balik aja, ga usah kerja disana (hasutan)...
    Alhamdulillah dgn bertafakur aku bisa punya kesadaran yg bisa aku pake utk menjalani setiap ujianNYA.. berupaya terus utk Bener2 bisa sabar dan ikhlas, apapun yg Allah berikan pasti yg terbaik, dan itu yg aku butuhkan...
    Allah tdk menjanjikan hidup ini mudah, Tapi Allah janji bahwa disetiap kesulitan pasti ada kemudahan.
    Jadi emang bener kl aku ga melaksanakan ajaranNYA, aku yg kagak becus...

    Salam DBAS Sahabat Jiwa
    Never Stop Tafakur

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ngga ada manusia yg ngga becus,
      yg ada adalah manusia yg ngga becus belajarnya ..

      Hapus
  2. SELF CONTROL

    Selalu ada persimpangan jalan dihadapanku .....kadang jalan yang aku pilihpun rupanya penuh dengan tanjakan terjal dan turunan yang curam . Membuat hatiku jadi gundah ,galau ,khawatir dan sedih bahkan marah .

    Selalu saja prilaku aku terbalik dengan keinginan Allah yaitu harusnya aku yang selalu sabar ,pasrah , berserah diri , ikhlas , bersyukur , tawadhu, tidak sombong , tidak bergunjing , tidak buruk sangka dll. Untuk itu lalu aku belajar agama dengan harapan hati ini bisa selalu damai dan selalu selaras dengan kehendak Allah 24 jam walaupun kondisi jalan yang sedang aku lalui tidak lurus dan mendatar . Tapi kenapa rasa hati ini masih selalu terimpit dan prilaku buruk yang selalu muncul ...........apakah ajaran agama-Nya yang salah ??? . Ah .....tidak mungkin dari ZAT YANG MAHA bisa salah. Tidak ada kata lain sebenarnya AKU TIDAK BECUS BELAJARNYA !

    Orang bijak mengatakan ada 3 faktor kesuksesan :
    1. TUJUAN
    2. METODE
    3. KESUNGGUHAN

    Bila salah satu dari ini tidak dilaksanakan TIDAK AKAN TERCAPAI KESUKSESAN. Pantas ”way my life” jauh dari ajaran-ajaran Islam . karena salah satu ,salah dua mungkin salah tiga dari faktor kesuksesan tidak aku laksanakan. hidup DBAS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nih yg paling bener .. faktor kesuksesan ada 3, bukannya 2
      metoda yg baik tentunya yg mengerucut pada tercapainya TUJUAN

      Hapus
  3. Iya ya....,kita mengajari anak bukan supaya dia paham tapi supaya dia melakukan apa yang kita ajarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kayaknya ngga ada deh ajaran yg dimaksudkan untuk paham doang, semua ajaran mestinya bertujuan agar spy orang yg diajarinya itu bisa menggunakannya
      jadi jelas mana yg kagak becus : gurunya atau muridnya

      Hapus
  4. Kalo gak paham, bagaimana bisa melaksanakannya ???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, namun pesan yg ingin disampaikan dari renungan di atas adalah belajar agama bila paham saja belum benar

      Hapus
  5. Assalamualaikum Bapak...iya benar pak...belajar agama itu yg penting itu bkn pahamnya ya..tp setelah belajar itu aku bisa praktekkan...ktk dapat musibah bisa sabar,ikhlas...jd jk tdk bisa sabar,ikhlas...yg salah itu Aku...knp krn aku tdk TAU apalagi SADAR .. klu yg menentukan sikap itu bkn ilmu yg ada diotak...tp kykn yg ada dalam kalbu...mimpi kali ya berharap prilaku mulia tanpa TAFAKUR...terima kasih Pak sdh menemukan METODA/CARA utk MUDAH MEMPRAKTEKAN AJARAN ISLAM.Salam DBAS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar yg ngga ada hasilnya itu adalah belajar yg ngga ada hasilnya ...

      Hapus
  6. Kalo ku rasa-rasakan.. sejatinya..kasih sayang-Nya itu tak bertepi... DIA selalu Campur tangan dalam perjalanan kalbuku..agar peluang aku meraih Surga semakin lebar..
    Dalam setiap Campur tangan-Nya.. Allah ingin agar aku mampu menjalankan ajaran2-Nya..
    Lalu kenapa aku gagal..? belum mampu menjalankan ajaran-Nya itu..?
    aku Restart lg ke belakang.. saat ada keinginan lain selain tujuan puncak.., saat ukuran kehebatanku bukan ukuran kehebatan yg selaras Alqur'an.., jelaslah..kunci kesuksesanku yg pertama sudah keliru..
    bgmn dgn Metoda ? Metoda yg aku ikuti sudah sangat bagus, yg dari testimoni orang kebanyakan dan testimoni diri, sudah bisa merasakan..selama mengikuti belajar agama melalui metoda tafakur menjadi banyak "terbangun" dari " tidur lelap" selama ini.. yg ujung2nya..dgn metoda tafakur ini yg tadinya sulit menjadi memudahakan utk taat.
    aku Restart lg..bgmn dgn kesungguhan ? ternyata dikesungguhanku menyerap ajaran2-Nya pun kurang..
    Dalam setiap Campur tangan-Nya.. Allah ingin agar aku mampu menjalankan ajaran2-Nya..
    Berarti..Ajaran2-Nya Pasti bisa dijalankan..
    Jadi kalo aku masih gagal dalam menjalankan ajaran-Nya.. gak ada yg lain selain aku yg gak becus belajarnya! introspeksi!
    " Allah tidak merubah keadaan aku, bila aku sendiri tidak berusaha merubahnya "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajarannya Allah yg buat,
      yg ngajarinnya juga Muhammad Rasulullah,
      kalo masih ngga bisa juga, ya memang aku yg ngga becus dalam belajarnya ...

      Hapus
  7. iya, jadi benar ya kalo becus belajarnya, sebenarnya gak ada ajaran yg gak bisa dijalankan..
    Never stop tafakur, Yes We Can!

    BalasHapus
  8. Iya ya slama ini ga nyadar klo ajaran itu untk dipraktekaan bkn ckp u dipahami,pantesan aku ga becus becus...

    BalasHapus
  9. Iya ya slama ini ga nyadar klo ajaran itu untk dipraktekaan bkn ckp u dipahami,pantesan aku ga becus becus...

    BalasHapus
  10. Belajar dari satu2nya suri teladan kita Rasulullah SAW.. Al Qur'an nya itu ada di dalam kalbu nya.. Bukan ditenteng2 seperti buku saja..

    Perilaku cermin isi kalbu, bukan isi otak..
    Jelas skrg tanpa Tafakur, jiwa tetap gelap..tidak akan terasa bhw Al Qur'an turun untuk menerangi jalanku..

    Dengan menggunakan potensi akal, kalbu & Al Qur'an melebur menjadi satu (TAFAKUR) baru terlihat wajar bahkan menguntungkan..
    Jalan kegelapan itu sedikit demi sedikit menjadi terang..
    #NeverStopTafakur#

    BalasHapus