Mutiara Tauhid Renungan #153
KALBU YANG MENGGELAP


Kalbu menggelap bukan tanpa sebab.
Kalbu menggelap karena dipicu oleh prasangka buruk.

Ya, ketika prasangka buruk kita timpakan pada seseorang maka kalbu yang semula cerah berangsur-angsur berubah menjadi gelap.

Itulah mungkin sebabnya, saking berbahayanya, mengapa Islam melarang untuk berprasangka buruk dan mengharuskan untuk klarifikasi ( tabayun ).

BAGI YANG INGIN MENJADI MANUSIA BERTAKWA, MENGGELAPNYA KALBU MERUPAKAN MUSIBAH BESAR







Gambar:www.pixabay.com



11 komentar:

  1. Apakah harus selalu klarifikasi? kalau langsung berprasangka baik saja gimana pak? Dengan keyakinan.. toh kalau dia memang "buruk" sesuai dugaan aku.. serahkan saja perhitunganNya kpd Allah, karna prilakunya di luar tanggung jawabku.
    Jujur meskipun kadang diri ini belum mampu berprasangka baik.

    Terkadang dalam beberapa situasi malas klarifikasi takut malah jadi canggung.. jadi aku berusaha untuk baik sangka saja.. demi kebaikan diri sendiri, agar kalbu tidak menggelap

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik sangka tidak pernah menggelapkan kalbu

      Hapus
  2. Tapi knp ya pak di negara yg kita cintai ini yg mayoritasnya Muslim sangat jarang yg mau tabayun tapi senengnya menebar prasangka buruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira penyebabnya hanya satu, yaitu hanya orang yg berhati lapang aja yg sanggup melaksanakan ajaran tabayun. Nantilah kalo ustadz udah lebih banyak jumlahnya dibanding dg yg Islam KTP, semoga berubah

      Hapus
    2. tapi ada juga ko ustadz yg menebar prasangka buruk

      Hapus
    3. Ah, itu sih pasti oknum ustadz bukan ustadz beneran
      dimana2 kan yg namanya oknum selalu aja ada, tul ngga?

      Hapus
  3. Iya ya …, kenapa prasangka buruk dilarang Allah padahal itu nikmat, ternyata membuat kalbu jadi gelap …

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, BAGI YANG INGIN MENJADI MANUSIA BERTAKWA, MENGGELAPNYA KALBU MERUPAKAN MUSIBAH BESAR

      Hapus
  4. Ko renungan minggu ini mengulang2 di sekitar tabayun aja pak, apa karena lagi rame masalah pilkada DKI ya …

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diulang2 itu krn penting, ayat2 Alqur’an juga banyak mengulang2 masalah yg penting2
      Saya meyakini, MENGGELAPNYA KALBU MERUPAKAN MUSIBAH BESAR
      Rugi amat ya, gara2 orang yg mau jadi gubernur ( saudara juga bukan! ) tapi kalbuku yg jadi gelap …

      Hapus
  5. Hanya orang2 yang berhati lapang mampu bertabayun. Jleb pisan Pak, nuhuun .

    BalasHapus