Mutiara Tauhid Renungan #156
MUSLIM SUKSES ATAUKAH MUSLIM GAGAL

Ajaran Islam mengandung banyak ajaran-ajaran agar manusia di dunia bahagia, dan di akhirat menempati surga. Sebutlah misalnya ajaran sabar, ajaran pasrah, ajaran berserah diri, dan banyak lagi ajaran-ajaran lainnya.

Semua ajaran tentunya dibuat bukan untuk sekedar tahu saja, tapi untuk bisa sampai menggunakannya.

Bila kenyataannya kita sudah 50 tahun menjadi orang Islam tapi belum mampu juga menggunakan ajaran Islam seperti sabar, pasrah, ikhlas, berserah diri apakah kita termaksud kategori Muslim yang sukses ataukah Muslim yang gagal ya …


 TIDAK ADA SATUPUN AJARAN YANG DIMAKSUDKAN UNTUK SEKEDAR TAHU SAJA






Gambar:www.pixabay.com



16 komentar:

  1. Y btl pak..setiap ajaran dimksdkan agr setelah belajar mampu melakukan ajaran2nya. Bgt pula dg ajaran islam.skrg aku mengerti knapa slm ini aku belajar agama islam tp tdk mampu melakukan ajaran2nya..krn aku SALAH ARAH.Ajaran islam itu dibuat Allah agr aku DBAS.. DB adl kondisi hati ketika kita dlm setiap situasi dan kondisi sll melakukan ajaran2islam. Itu artinya perilaku kita senantiasa selaras dg AQ. Krn perilaku itu ditentukan oleh apa yg terpatri didlm kalbu mk agr perilaku selaras dg AQ berarti kalbulah yg hrs diberi kemampuan. Jd jelaaaaas bgt kegagalanku yg pertama belajar islam shrsnya ditafakuri sampai menjd keyakinan yg terpatri didlm kalbu.. ke 2 arah nya ke aku bkn keluar krn yg dibuat mampu adl aku.. ke 3 kunci kesuksesan fokus dan konsisten. Ketika aku belajar islam sdh menentukan tujuan puncak yg ingin aku capainya DBAS bkn yg lain , daaan.. cara&arahnya sdh benar, maka aku yakin ajaran islam akan mampu mengantarkan aku ketujuan. Skrg...diusiaku yg sdh tdk muda lg...sampai nanti aku mati... seharusnya yg aku perjuangkan mati2an adl DBAS..kinii.. setelah aku tafakur.. pelan2 aku mulai mengenaal DBAS..pelan2 aku mulai merasakan indahnya hidup..apapun kondisinyaaa... Kini..aku tau..aku gk mw gagal.. aku gk mw sia-sia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, yg penting perjuangkan ilmu agama yg udah ada di akal agar masuk ke dalam kalbu maka semuanya akan berlangsung alamiah ..

      Hapus
  2. Iya ya …, tak ada gunanya kalo cuman tahu doang tapi ga bisa menggunakannya

    BalasHapus
  3. Ternyata ukuran Muslim yg sukses itu bukan dari jilbabnya ataupun dari sorbannya ya …

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah …, bukan pula dari udah disunat atau belum

      Hapus
    2. Kalo gitu selama ini aku tertipu, kirain aku para ustadz bersorban itu ahli warisnya Nabi. Ternyata lebih banyak ustadz bersorban yg berperilaku miring dibandingkan ustadz yg tanpa sorban

      Hapus
    3. Ah, masa sih … lihatnya ke aku aja deh, fakta di luar sana sekedar mengingatkan diri jangan kayak gitu ah … malu sama malaikat

      Hapus
    4. Ko malunya sama malaikat sih bukan sama Allah?

      Hapus
    5. Eh iya sama Allah
      Tapi sama malaikat Rokib juga malu sih membuat dia nganggur …

      Hapus
  4. Hihihi bapak.. jadi geli baca komen bapak diatas..
    Sekaligus miris pada diriku sendiri.. setelah bercermin diri.. Ya Allah... tak ada satu pun ajaran Al-qur'an yang sudah aku kuasai.. kecuali babi haram.. makin kesini makin kelihatan bahwa aku adalah MUSLIM yang GAGAL..
    aiihh malu.. Masa sudah 35 tahun belajar agama tapi aku masih saja belum punya kemampuan..BENAR-BENAR PENGHINAAN BUAT DIRIKU SENDIRI.. GA BISA ENGGA.AKU HARUS MEMBANGUNKAN HASRATKU UNTUK APA AKU MEMPELAJARI AGAMA..TIDAK LAIN DAN TIDAK BUKAN HANYALAH AGAR AKU DBAS..Harus berjuang keras merubah Ilmu Agama menjadi KEYAKINAN.. So NEVER STOP TAFAKUR..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ..., orang yg masih punya malu perubahan menjadi lebih baik terbuka lebar
      emang bener, malu adalah sebagian dari iman
      kalo malunya hilang, mk berangsur2 imannya akan hilang ..

      Hapus
  5. TIDAK PERCAYA

    Jika ada anak ngaku sudah lulus SD , tapi gak bisa baca , APAKAH ANDA PERCAYA ?

    Jika ada orang ngaku beragama Islam tapi tidak bisa sabar , susah ikhlas , gak bisa pasrah bahkan pemarah , APAKAH ANDA PERCAYA ?

    ” BILA TELAH MEMPELAJARI ISLAM TAPI TAK MAMPU MENGGUNAKAN AJARAN-AJARANNYA, TAK ADA KATA YANG PANTAS SELAIN DARI GAGAL ”. #talktomyself, hidup DBAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya percaya dong, tapi percaya juga dia belum berhasil jadi seorang Muslim

      Hapus
  6. Waduh...
    Bercermin diri, begitu banyak ajaran2 Islam yg masih belum mampu aku jalani
    Ternyata 12 tahun aku belajar agama di sekolah dari sejak SD hingga SMA hanya diakal saja, ilmu pengetahuan dan nice to know.
    Salah kejar...perilaku banyak yg tidak selaras dg ajaran agama
    Suka marah, suka bohong, suka zalim, ga bisa ihklas, ga bisa sabar, jauh dari beserah diri, duh banyak deh...

    Rasanya aku belum menjadi moslem yg bener....
    Semoga waktu hidupku yg tersisa tidak sia2 utk menjalankan ajarannya

    KEYAKINAN MENENTUKAN SIKAP

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah pertama mengenal adanya kesalahan diri sdh dilalui,
      berikutnya langkah kedua yg harus dijalani

      Hapus