Mutiara Tauhid Renungan #177
TANDA KEBERHASILAN

Seseorang dikatakan menguasai ajaran Islam, apakah karena ia banyak tahu mengenai ajaran Islam ataukah karena ia mampu mempraktekkan banyak ajaran Islam?

Saatnya menyadari …, tidak ada satu pun ajaran yang dibuat hanya untuk sebatas tahu saja.


Keberhasilan dalam mempelajari suatu ajaran dicirikan bukan oleh hapalnya, melainkan oleh seberapa mampu ia mempraktekkan ajaran tersebut.

BELAJAR ISLAM TAPI TAK DAPAT MEMPRAKTEKKAN AJARANNYA BERARTI SASARAN BELUM TERCAPAI





Gambar:www.pixabay.com




10 komentar:

  1. Iya pak.. setujuuu banget.. keberhasilan seseorang bkn krn bnyknya ilmu agamanya.. tp seberapa mampu ia memraktekannya.. krn ati yakin pak perilaku itu ditentukan oleh apa yg ada didalam kolbunya. Bila kolbunya baik maka baik pula perilakunya. Isi kolbu adalah keyakinan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, begitulah sunatullahnya ilmu kalo baru nyampe otak (belum turun ke kalbu) belum bisa berbuat banyak utk menghasilkan akhlak yang Islami

      Hapus
  2. Iya ya..,percuma aja belajar tapi tetap saja tak berkemampuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata kabayan mah : hese, cape, teu kapake …

      Hapus
  3. Menggelikan juga ya bila ada yang pake gelar ahli agama tapi kelakuannya tidak sejalan degan gelarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ngga banyak yg begini ya …

      Hapus
  4. Assalamualaikum......
    Saya pernah ditipu oleh orang yg berpenampilan Islami banget, koq bisa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perilaku itu cerminan dari keyakinan yg tertanam di kalbunya, bukan dari penampilannya
      Banyak juga koq orang yg berpenampilan Islami yg perilakunya juga Islami

      Hapus
  5. Aku butuh ajaran karena ada tujuan yang ingin aku raih... Ketika ajaran digunakan tanpa 'merasakan relevansinya terhadap tujuan', yang terjadi adalah kita jadi 'ribet sendiri'...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan bahasa lain, ketika "benang merah" antara ajaran dan tujuan terputus maka 'ribet' adalah konsekuensi logisnya ..

      Hapus